Tips Melakukan Troubleshooting

Tips Melakukan Troubleshooting

Mencari penyebab masalah seringkali merupakan bagian paling sulit dalam melakukan troubleshooting. Jika penyebabnya sudah diketahui, kita bisa menggunakan informasi yang didapat untuk memperbaiki masalah. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan:
  1. Tutup semua program
    Seringkali perilaku aneh bisa diperbaiki dengan menutup semua program dan menjalankannya kembali, terutama jika masalah disebabkan oleh rendahnya memory atau resource system.
  2. Log off
    Pada waktu log off, maka RAM akan dibersihkan sehingga anda akan mendapatkan status yang lebih bersih dibanding hanya menutup semua program.
  3. Reboot komputer
    Jika ada masalah dengan file system dan perangkat, log off tidak akan membantu karena objek tetap di-load. Dengan me-reboot system, maka sytem akan di-load ulang yang seringkali memecahkan banyak masalah komputer.
  4. Matikan komputer dan nyalakan lagi
    Masalah hardware seringkali bisa diperbaiki dengan mematikan komputer. Tunggu kira-kira 15 sampai 30 detik sampai semua perangkat benar-benar mati, kemudian nyalakan lagi. Kasus ini sangat sering terjadi pada macetnya printer.
  5. Cek koneksi, tombol, dan sebagainya
    Kadang yang seringkali (dan yang paling memalukan) menyebabkan masalah hardware adalah hal sederhana seperti: perangkat ternyata belum dinyalakan, kabelnya longgar, dan perangkat belum terpasang dengan benar.
Jika tips di atas tidak membantu masalah anda, silahkan memanfaatkan Help and Support Center (klik start, Help and Support), khusus pengguna vista.

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Yuda Ellefson

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger